Sabtu, 13 Oktober 2012

Cara Melihat RAM Komputer


Ketika komputer anda berjalan dengan begitu lambat, seringkali anda atau rekan anda mengatakan “memorinya udah penuh kali” atau hal senada lainnya. Tapi tanpa kita sadari, kita sendiri atau bahkan rekan anda yang mengeluarkan statement tersebut sebenarnya tidak tahu pasti kapasitas memori (RAM) yang telah dipakai dan yang tersedia di komputer anda. Statement itu hanyalah sekadar statement umum ketika suatu komputer berjalan lamban. Meski statement tersebut bisa jadi benar adanya, tidak ada salahnya anda mengecek sendiri kapasitas memori (RAM) pada Windows anda untuk memastikan apakah komputer berjalan lamban karena memorinya memang penuh atau sudah banyak terpakai, ataukah ada penyebab lan? Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Artikel ini dibuat karena jawabannya tentu saja ada. Anda tertarik untuk tahu lebih jauh? Yuk, kita terus simak artikel ini. Selamat membaca.Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk dapat mengetahui kapasitas memori (RAM) sesungguhnya yang tersedia pada komputer kita baik dengan menggunakan utilitas yang beredar di pasaran ataupun dengan menggunakan tool bawaan Windows itu sendiri. Akan tetapi, cara yang paling mudah yang dapat kita lakukan adalah dengan mempergunakan tool yang sudah ada di paket instalasi Windows alias tool bawaan Windows. Berikut langkah yang perlu kita lakukan untuk mengetahui kapasitas memori yang tersedia pada Windows. Langkah yang harus dilakukan sedikit berbeda tergantung versi Windows yang anda pergunakan.
Untuk mengetahui jumlah RAM pada Windows XP, mudah saja, yaitu :
  • Klik menu Start
  • Pilih Programs
  • Pilih Accessories
  • Pilih System Tools
  • Kemudian pilih System Information
Cara Mengetahui Jumlah RAM Windows
  • Di bagian paling atas ada System Summary. Nah, pada bagian bawah System Summary tersebut terdapat nilai atau value di bagian “Available Physical Memory”. Nilai yang muncul di bagian “Availabe Physical Memory” tersebut merupakan informasi mengenai total kapasitas memori fisik (RAM) yang meliputi jumlah memori fisik yang sedang dipergunakan dan total kapasitas memori fisik yang belum dipergunakan (free). Semakin tinggi nilai memori fisik yang free atau tidak dipergunakan, maka akan semakin baik pada performa sistem komputer kita.
Cara Mengetahui Jumlah Sisa RAM WindowsPada dasarnya cara yang dipergunakan pada sistem operasi Windows Vista dan Windows 7 in hampir sama dengan cara yang dipergunakan pada sistem operasi Windows 2000 dan Windows XP sebagaimana disebutkan di atas. Hanya saja terdapat cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengetahui kapasitas memori (RAM) yang tersedia pada Windows anda yakni melalui akses ke Task Manager.
Untuk mengetahui kapasitas memori(RAM)  yang tersedia pada Windows melalui Task Manager anda harus membuka Task Manager. Ada beberapa cara untuk membuka Task Manager yakni dengan melakukan klik kanan pada Taskbar kemudian pilih opsi Task Manager. Maka akan muncul jendela Windows Task Manager. Cara lainnya untuk membuka Task Manager adalah dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del pada keyboard. Anda akan masuk ke jendela pemilihan, piliih opsi Task Manager.
Setelah jendela Windows Task Manager terbuka, klik pada tab Performance maka akan muncul halaman yang memberikan informas performa sistem Windows anda. Disana terdapat Physical Memory (MB), maka pada bagian itulah memori komputer (RAM) yang sebenarnya diinformasikan. Terdapat 4 keterangan informasi memori yakni Total, Cached, Available dan Free.Cara Mengetahui Jumlah RAM via Task Manager 
Untuk menutup Windows Task Manager, anda cukup mengklik tanda X merah di bagian kanan atas jendela Task Manager sebagaimana anda menutup aplikasi lain pada Windows.
Cara Mengetahui Jumlah RAM Pada Windows – Penutup
Demikian cara untuk mengetahui kapasitas memori (RAM) pada Windows. Cara singkatnya juga ada, yaitu klik start dan klik run atau klik windows tool + R dan tulis dxdiag.
 
By: Kevin Hasian William


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar